9 Alasan Mengapa Riset Konten Viral itu Penting

9 Alasan Mengapa Riset Konten Viral itu Penting

Apa pun industri yang Anda geluti, apakah Anda menjual produk atau layanan, memiliki konten perusahaan adalah kunci agar usaha Anda dikenal secara online. Membuat konten tidak semudah hanya mempublikasikan sesuatu dan kemudian ribuan orang akan datang. Anda membutuhkan sebuah riset konten agar pemasaran tepat sasaran.

Riset bisa dilakukan dengan menganalisis konten-konten yang viral, menduduki peringkat teratas di mesin pencarian, dibagikan oleh banyak orang dan menciptakan ikatan. Hasil dari riset tersebut akan memberi banyak manfaat terhadap bisnis Anda, seperti di bawah ini:

1. Membantu menentukan konsumen

Melakukan riset konten dapat membantu Anda menentukan dan mengenali konsumen yang akan disasar. Anda dapat mengetahui perilaku sehari-harinya, kebiasaannya, hal-hal yang memengaruhi pandangan mereka, hingga apa yang membuat mereka memutuskan untuk membeli produk.

2. Membantu menentukan konten yang bekerja paling baik untuk konsumen

riset konten
fbamaster.com

Tanpa riset, bagaimana Anda tahu apakah perusahaan Anda menghasilkan konten yang tepat untuk menarik konsumen? Konten adalah kunci agar orang-orang mau beli produk atau layanan bisnis Anda. Jika konten yang Anda buat tidak sesuai dengan konsumen, maka yang Anda buat akan sia-sia.

3. Membantu membangun strategi pemasaran

Tidak semua orang ahli di bidang pemasaran. Mencari apa yang benar-benar dapat menarik konsumen bukanlah hal yang mudah. Tetapi jika Anda mencari dengan pintar apa yang kompetitor atau orang-orang di industri Anda bagikan dan bicarakan, maka Anda bisa membentuk strategi pemasaran perusahaan yang baik.

4. Meningkatkan reputasi usaha Anda

riset konten
trickyenough.com

Melakukan riset artinya Anda membangun kualitas konten Anda. Konten yang baik dan bernilai dapat membangun kepercayaan dari konsumen. Dampaknya, reputasi usaha Anda menjadi positif.

Ketika konsumen membaca konten Anda, mereka mulai membangun opini tentang usaha Anda. Jika konten dianggap memikat, mengedukasi, dan bernilai, maka mereka akan berpikir hal yang sama tentang bisnis Anda.

5. Mengembangkan usaha Anda jangka panjang

Anda tentunya tidak mau usaha menjadi viral dalam beberapa saat lalu dilupakan oleh banyak orang, kan? Riset akan mengembangkan usaha Anda untuk mendapatkan eksposur dan lalu lintas pengunjung organik dalam jangka waktu yang lama.

6. Mendapat eksposur yang tinggi di media sosial

riset konten
mcintoshanassoc.com

Jika Anda memiliki kualitas konten yang dapat menggetarkan hati konsumen, maka akan banyak yang akan membagikan konten Anda. Contohnya adalah iklan-iklan buatan Thailand yang viral karena dapat membangkitkan emosi para penonton.

7. Membedakan Anda dengan kompetitor

Di antara banyak pesaing, Anda harus tampil menonjol. Riset yang Anda lakukan bisa membuat konten-konten yang berbeda dari kompetitor. Konten juga bisa menjadi media bagi Anda untuk membangun suara dan kepribadian perusahaan Anda. Apakah perusahaan Anda serius dan profesional? Menyenangkan dan mengedukasi? Atau kombinasi keduanya?

Anda juga bisa mengetahui mengapa konten kompetitor bisa viral, apa media sosial yang digunakan, bagaimana gaya bahasa yang dipakai, seberapa sering frekuensi penayangannya di media sosial, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konsumennya.

8. Mengetahui topik yang sedang tren

riset konten
go2designlab.com

Anda pasti tidak ingin usaha Anda ketinggalan zaman. Dengan melakukan riset, Anda bisa membawa usaha seiring dengan tren-tren yang sedang terjadi di masyarakat. Misalnya, tema unicorn sempat viral di bidang kuliner. Banyak pengusaha kuliner yang mencampur makanan dengan berbagai rasa hingga bentuknya penuh warna atau menghias restorannya dengan gambar unicorn.

9. Mendapatkan rumus agar konten menjadi viral

Riset akan membantu Anda mendapatkan formula agar konten yang Anda buat dibagikan oleh banyak orang, seperti di bawah ini:

  • Artikel panjang lebih disukai daripada artikel pendek.
  • Satu foto atau gambar dapat meningkatkan kesempatan konten Anda banyak dibagikan di Facebook dan Twitter.
  • Konten yang dapat membangunkan sisi narsis pada konsumen banyak disukai.
  • Konten memiliki sisi emosi dan bisa membuat orang tertawa.
  • Penelitian terbaru yang dapat mematahkan teori lama.
  • Berisi infografik, artikel cara mengerjakan sesuatu, dan berbentuk poin-poin.

Dengan melakukan riset konten, Anda akan memiliki modal yang lebih kuat membuat pesan dan strategi pemasaran, sehingga dapat menarik minat konsumen terhadap jasa atau produk yang Anda tawarkan.

Anda juga bisa menggunakan bantuan tools optimasi Instagram dari Gramshoot. Tools ini memiliki fitur-fitur yang menarik seperti auto like, auto looking stories, auto comment, dan lainnya.

Kalau punya banyak akun bisnis di Instagram, Anda tidak perlu repot untuk memublikasikan konten satu persatu. Gunakan G-Shoot untuk membantu Anda repost konten viral, mempublikasikan konten dengan jadwal, mempublikasikan satu konten dengan caption yang sama ke banyak akun Instagram, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *