Ingin Merintis Usaha Online Shop Sendiri? Ini Dia Caranya!

Ingin Merintis Usaha Online Shop Sendiri? Ini Dia Caranya!

Siapa yang tidak pernah berbelanja secara daring atau online? Sekarang ini, kemudahan akses dan harga yang bersaing menjadikan online shop sebagai salah satu alternatif terpopuler untuk berbelanja dari rumah.

Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar, toko-toko online pun menjamur. Beberapa penjual menjadikan toko online-nya sebagai pekerjaan sampingan, tetapi ada juga yang menjadikan online shop sebagai penghasilan utama.

Apakah Anda tertarik untuk merintis online shop juga? Sebelum memulai, pahami dulu tips dan triknya berikut ini.

Pertimbangkan Produk yang Akan Dijual

online shop
yourstory.com

Hal pertama dan terpenting dalam persiapan membuka toko, baik itu daring (online) maupun luring (offline), adalah mempertimbangkan dengan baik produk yang akan dijual. Lakukanlah riset untuk mencari tahu produk apa yang populer dan sedang disukai banyak konsumen.

Pemilihan produk harus mempertimbangkan risiko pengiriman ke alamat konsumen. Hal ini dikarenakan toko yang Anda kelola adalah online shop sehingga membutuhkan campur tangan pihak ketiga dalam proses pengirimannya.

Contohnya, pemilihan produk berupa fesyen (seperti: baju, sepatu, dan tas) akan berbeda risikonya dibandingkan dengan produk berupa makanan (seperti: cake, Empek-Empek, dan lainnya). Oleh karenanya, pertimbangkan produk yang akan Anda jual secara bijak dari berbagai aspek.

Pilih Supplier yang Tepat

online shop
selmach.com

Setelah mendapatkan ide produk, selanjutnya adalah memilih pemasok barang yang tepat. Lakukanlah investigasi menyeluruh terhadap calon supplier Anda. Pastikan bahwa agen tersebut aman dan amanah.

Biasanya supplier memberikan dua pilihan sistem perbelanjaan, yaitu reseller atau dropshipper. Pilihlah sistem tersebut sesuai dengan modal usaha yang Anda miliki. Perlu diketahui bahwa sistem reseller membutuhkan lebih banyak modal dibandingkan dropshipper, tetapi memberikan lebih banyak margin keuntungan.

Adapun sistem dropshipper juga memberikan kemudahan bagi Anda dalam hal pendanaan, stok barang, dan pengiriman barang. Pasalnya semua keperluan tersebut telah ditangani oleh supplier.

Tentukan Platform yang Akan Dipakai

online shop
thedrum.com

Selanjutnya, tentukan platform apa yang akan digunakan untuk online shop Anda. Ada banyak marketplace yang bisa Anda fungsikan untuk memulai bisnis, atau alternatif murah lainnya seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Jika Anda ingin menjangkau lebih banyak pelanggan dan ingin terlihat lebih profesional, sebuah website penjualan resmi juga dapat menjadi pilihan. Semua pilihan platform ini sangat bergantung pada siapa dan bagaimana target pasar bisnis Anda.

Lengkapi Profil Bisnis Online Shop yang Ditampilkan di Laman Penjualan

online shop
e-media.asia

Setelah mendaftarkan bisnis di beberapa platform penjualan, tips selanjutnya adalah melengkapi profil bisnis Anda secara terperinci. Contohnya, nomor kontak, alamat email, dan kota asal pengiriman barang. Mengapa ini penting? Sebab informasi-informasi tersebut dapat meyakinkan pelanggan bahwa online shop yang Anda kelola dapat dipercaya dan profesional.

Selain itu, kemudahan akses komunikasi yang Anda berikan kepada pelanggan mampu membangun keterikatan yang baik, sehingga memungkinkan pelanggan tersebut menjadi pelanggan setia toko Anda.

Persiapkan Foto Produk untuk Dipajang

online shop
ephotovn.com

Penjualan secara daring akan sangat bergantung pada visual produk. Oleh karenanya, mempersiapkan foto produk untuk dipajang merupakan suatu kewajiban bagi pedagang.

Buatlah foto semenarik mungkin. Bila perlu, sewalah fotografer andal dan terapkanlah tema untuk setiap foto yang diambil. Contohnya, jika produk yang Anda jual adalah sepatu, berikanlah contoh pemakaian sepatu tersebut di berbagai acara.

Lakukan Promosi Toko

online shop
saginfotech.com

Jika lima hal tadi telah dijalankan dengan baik, Anda siap untuk melakukan promosi. Mintalah bantuan keluarga dan sahabat terdekat untuk memberikan like dan share website, marketplace, atau akun media sosial penjualan Anda.

Selanjutnya, sebagai strategi awal, berikan promosi seperti potongan harga. Hal ini semata-mata dilakukan agar calon pelanggan mengetahui bahwa online shop Anda telah beroperasi.

Kelola Online Shop Dengan Cermat

online shop
kaskus.co.id

Cara terakhir adalah mengelola toko online yang sudah berjalan agar terus berkembang dan maju. Lakukan beragam inovasi pada situs penjualan Anda. Contohnya, memberikan metode pembayaran yang lebih variatif seperti melalui kartu kredit atau aplikasi cashless lainnya.

Selanjutnya, selalu jaga kualitas produk dan layanan Anda karena pelanggan yang merasa puas akan selalu kembali ke toko Anda.

Teori biasanya memang lebih mudah daripada praktik. Meski sudah mengikuti cara-cara di atas, pelaku bisnis online pemula biasanya masih menemui kesulitan dalam pemasaran produk (khususnya mereka yang menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran).

Rata-rata mengungkapkan kesulitan dalam menampilkan produk mereka di discovery page Instagram. Jika ini juga menjadi kendala Anda dalam memulai online shop, tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada G-SHOOT yang akan membantu.

G-SHOOT adalah sebuah aplikasi berbasis Android yang dapat membantu Anda membangun engagement akun dengan followers, sehingga besar kemungkinan konten Anda menjadi viral dan akan muncul di halaman discovery.  

Yuk, cari informasi selengkapnya mengenai aplikasi ini di https://g-shoot.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *