6 Tips Memaksimalkan Hashtag untuk Meningkatkan Instagram Followers

6 Tips Memaksimalkan Hashtag untuk Meningkatkan Instagram Followers

Instagram merupakan salah satu media sosial yang cukup populer untuk melakukan promosi bisnis. Bahkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Forrester Research pada tahun 2014, ditunjukkan bahwa pengguna Instagram 58 kali lebih untuk meninggalkan komentar, memberikan likes, dan membagikan berbagai foto sebuah merek dibandingkan dengan media sosial sejenis, seperti Facebook dan Twitter.

Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan jumlah Instagram followers, termasuk memaksimalkan penggunaan hashtag. Ingin tahu tipsnya? Yuk, simak.

1. Gunakan Hashtag Populer dan Strategis

Tips pertama untuk meningkatkan Instagram followers adalah dengan menggunakan hashtag atau tanda pagar (tagar) yang populer dan strategis. Penggunaan tagar yang tepat akan memudahkan banyak pengguna Instagram menemukan postingan produk Anda.

Gunakan juga aplikasi untuk melakukan pencarian hashtag populer sesuai dengan postingan Anda. Yaitu dengan menggunakan aplikasi khusus pencari hashtag populer seperti Android Hashtagger, Hashtag Inspector, atau Hashtags for promotion.

2. Sesuaikan Penggunaan Hashtag pada Postingan

memaksimalkan hashtag
volusion.com

Tips selanjutnya yang bisa Anda aplikasikan dalam memaksimalkan hashtag di Instagram adalah menggunakan hashtag yang sesuai dengan postingan gambar. Seperti media sosial lainnya, Instagram juga memiliki fitur hashtag atau tanda pagar (#). Fitur tanda pagar ini mampu meningkatkan jumlah likes terhadap postingan dan berimbas pada meningkatnya Instagram followers.

Penggunaan gambar yang cantik disertai dengan hashtag yang sesuai gambar akan menunjang promosi terhadap produk yang dijual. Instagram followers akan mudah mencari produk yang diinginkan lewat hashtag populer sesuai dengan produk bisnis Anda. Misalnya, jika Anda berjualan jilbab, maka gunakan beberapa hashtag, seperti #jilbab, #jilbabinstan, atau #jilbabmurah.

Hindari penggunaan tanda tagar yang tidak sesuai dengan produk yang dijual sehingga konsumen menjadi bingung. Anda bisa menambahkan hashtag #instafollow atau #followback disertai dengan kreasi hashtag sendiri agar followers bisa mengikuti Instagram dan tertarik membeli produk yang dijual.

3. Berikan Hashtag yang Unik

Pemaksimalan hashtag dalam Instagram dapat dilakukan dengan memberikan hashtag yang unik. Tagar yang unik bisa menjadi daya tarik pengguna untuk melihat isi postingan. Selain itu, keunikan tagar yang tercipta bisa saja menjadi trending topic sehingga diikuti oleh akun pengguna Instagram lain.

Jika tagar unik menjadi trending topic, produk bisnis yang dipasarkan akan semakin terkenal dan dilirik. Para pengguna Instagram akan mengikuti akun instagram Anda.

4. Letakkan Hashtag di Tempat yang Tepat

memaksimalkan hashtag
lifewire.com

Tips selanjutnya yang bisa diaplikasikan adalah dengan meletakkan hashtag di tempat yang tepat. Menempatkan hashtag yang tepat memudahkan para pengguna Instagram untuk mencari produk Anda. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan hashtag pada  kolom komentar pertama.

Tujuannya adalah untuk membuat caption terlihat lebih rapi saat dibaca. Peletakan hashtag di kolom komentar juga menghasilkan efek yang sama dengan peletakan hashtag pada caption. Dengan meletakkan di tempat yang tepat, banyak pengguna Instagram akan tertarik dengan postingan dan mengikuti akun bisnis Anda.

5. Gunakan Hashtag pada Postingan Video

Selain berbagai foto, banyak akun bisnis Instagram juga menggunakan video untuk memasarkan produk mereka. Instagram menjelaskan bahwa sistem algoritma Instagram menyukai video.

Oleh karena itu, buatlah postingan video mengenai produk yang dijual dengan meletakkan hashtag. Postingan video bisa berupa video tutorial pemakaian, video pembuatan produk, video detail produk, video tentang mengenai keunggulan produk, serta video testimoni pelanggan.

6. Batasi Penggunaan Hashtag

memaksimalkan hashtag
entrepreneurhub.id

Tips terakhir dalam pemaksimalan hashtag untuk meningkatkan Instagram followers adalah dengan membatasi penggunaan hashtag. Penggunaan tagar yang berlebih bisa berimbas pada postingan yang dianggap spam sehingga berakibat dihapusnya postingan atau komentar yang dibuat.

Buat tagar tidak melebihi dari 30. Usahakan meletakkan 10 sampai hashtag maksimal dalam setiap postingan. Menurut Neil Patel, seorang praktisi online marketer, penggunaan 10 sampai 15 tagar di setiap postingan akan efektif mengembangkan akun yang memiliki follower kurang dari 1000.

Inilah 6 tips memaksimalkan hashtag agar jumlah Instagram followers bertambah. Masih bingung dengan cara untuk melejitkan follower di Instagram? Anda bisa mencoba menggunakan tools optimasi Instagram dari Gramshoot untuk meningkatkan dan melejitkan jumlah Ig followers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *