Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Instagram Marketing-mu Berjalan Mulus

Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Instagram Marketing-mu Berjalan Mulus

Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Di Indonesia sendiri, menurut data yang dirilis oleh NapoleonCat, pengguna aktif bulanan Instagram sudah mencapai angka 61.610.000 akun per November 2019. Hal inilah yang terus mendorong lajunya pemasaran melalui platform ini.

Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak pelaku bisnis, yang memanfaatkan Instagram marketing sebagai media promosi. Selamat! Anda sudah bisa menyeimbangkan bisnis Anda dengan pesatnya kemajuan era digital. Pun begitu, masih banyak hal yang harus tetap Anda pelajari demi keberlangsungan bisnis dan pencapaian target pemasaran Anda.

Contohnya, lima hal berikut ini wajib Anda hindari ketika memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran bisnis. Jangan sampai langkah yang diambil dengan niat mempercepat strategi pemasaran di media sosial malah menjadi bumerang bagi akun bisnis Anda.

1. Hindari Membeli Instagram Followers

kesalahan instagram marketing
thenextmarketers.com

Sebagai usaha baru yang memanfaatkan Instagram sebagai tempat promosi, Anda tentunya ingin segera diakui keberadaannya. Oleh karenanya, tidak sedikit usaha baru yang tergiur tawaran oknum penyedia jasa followers.

Anda sebaiknya menghindari cara instan ini. Pasalnya, pengikut yang dibeli sebagian besar adalah akun fiktif (bukan real followers) dan lambat laun akan dihapus oleh pihak Instagram. Selain itu, walaupun jumlahnya masif, Instagram followers Anda tidak sepenuhnya potensial untuk menjadi target pasar. Hal ini akan sangat berdampak pada hasil penjualan produk Anda nantinya.

Daripada membeli follower, Anda sebaiknya mengoptimalkan penggunaan foto, video, caption, dan hashtag di Instagram Anda. Yakinlah, dengan pendekatan yang tepat, Instagram Anda akan dipenuhi oleh pengikut yang setia, dan sekaligus merupakan target pasar yang tepat.

2. Hindari Promosi secara Berlebihan

kesalahan instagram marketing
instagram-biz.blogspot.com

Anda sudah pasti tahu segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Begitu pula dengan frekuensi Anda melakukan promosi. Jangan sampai pengikut yang sudah Anda dapatkan berkurang secara teratur, hanya karena merasa terganggu dengan terlalu seringnya akun Anda promosi. baik itu berupa diskon, big sale, atau bahkan ongkos kirim gratis.

Jadwalkan waktu promosi (schedule post) yang tepat. Misalnya, satu kali dalam sebulan, atau satu kali dalam triwulan. Dengan penjadwalan yang rapi akan membuat ajang promosi Anda menjadi sesuatu yang selalu ditunggu.

3. Hindari Kualitas Konten yang Buruk

kesalahan instagram marketing
pcmag.com

Konten adalah jiwa dari Instagram marketing. Semakin menarik isi konten Anda, semakin besar kemungkinan dilihat pembaca¾tidak hanya melihat gambar tetapi juga membaca caption yang disertakan pada konten. Oleh karenanya, jagalah selalu kualitas konten yang di-upload. 

Bila perlu, tetapkanlah tema pada semua konten yang akan diunggah. Misalnya, dalam menyambut natal dan tahun baru, maka akun Anda (sebagai pelaku bisnis clothing) turut meramaikan dengan meng-upload konten mengenai fashion kemeriahan natal dan tahun baru.

4. Hindari Kekeliruan dalam Penulisan Hashtag

kesalahan instagram marketing
thenextmarketers.com

Kesalahan strategi pemasaran melalui Instagram banyak didapati dalam penulisan caption konten. Salah satu yang sering terjadi baik sengaja atau tidak adalah kekeliruan dalam penulisan hashtag. Contohnya, hashtag terlalu sedikit, tidak relevan, kurang populer, atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali.

Perlu diketahui bahwa hashtag adalah sebuah kata kunci. Setiap pengguna Instagram akan menemukan posting-an Anda jika dia menuliskan sesuatu yang bersinggungan dengan hashtag yang Anda buat.

Untuk mengurangi kekeliruan, Anda perlu mengetahui kiatnya, yaitu menuliskan sesuatu yang relevan, menuliskan sesuatu yang unik, serta memvariasikan hashtag dengan sesuatu yang populer dan personal.

5. Hindari Keterlambatan dalam Mem-posting Konten

kesalahan instagram marketing
ezy.co.id

Feed dari akun Instagram bisnis yang profesional adalah yang menjadwalkan kapan dan apa yang akan di-upload setiap harinya. Oleh karenanya, keterlambatan dalam mem-posting konten tergolong dalam kesalahan Instagram marketing. Hal ini juga berpotensi mengurangi pengikut yang berperan sebagai target pasar bisnis Anda.

Waktu yang pas dalam melakukan upload konten adalah dua sampai lima kali sehari. Namun, hal yang sangat penting adalah memperhatikan dan memegang teguh konsistensi akun bisnis Anda dalam mem-posting konten (schedule post). Jika akun Anda hanya mampu menyelesaikan empat konten per hari, maka pakailah angka tersebut sebagai patokan Anda untuk mem-posting.

Selain itu, perhatikan juga waktu terbanyak pengguna aktif untuk melihat Instagram mereka. Anda wajib meng-upload konten Anda pada jam-jam tersebut. Mengapa demikian? Sebab kemungkinan postingan Anda terbaca akan semakin tinggi.

Cara Menghindari Kesalahan dalam Instagram Marketing

kesalahan instagram marketing
gramshoot.co

Cara yang tepat untuk menghindari lima kesalahan Instagram marketing di atas adalah dengan pemanfaatan tools optimasi Instagram berbasis Android, seperti GRAMSHOOT dan GSHOOT.

Contohnya, manfaatkan GSHOOT untuk menghindari keterlambatan mem-posting konten di banyak akun. Atau, dapatkan real followers dengan memanfaatkan fitur auto follow, auto like, dan auto comment yang ditawarkan oleh GRAMSHOOT.

Butuh informasi lengkap mengenai dua aplikasi tersebut? Silakan kunjungi laman https://gramshoot.co.id dan https://g-shoot.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *