Apa Itu Instagram Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Instagram Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pengguna media sosial terus bertambah setiap detiknya. Banyaknya jumlah pengguna ini merupakan peluang untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen dengan rentang lokasi dan tingkat umur yang beragam. Oleh karenanya, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai lahan pemasaran bisnis populer.

Salah satu contohnya adalah Instagram marketing. Sudah pernah dengar? Sudah paham cara kerjanya? Jika semua jawabannya adalah ‘belum’, Anda datang ke tempat yang tepat. Simak penjelasan terperincinya berikut ini!

Apa Itu Instagram Marketing?

 

instagram marketing
webingacademy.com

Sebelum membahas IG marketing, mari kita lihat terlebih dahulu fungsi utama pemasaran atau marketing. Pemasaran adalah ujung tombak dari sebuah bisnis, sukses tidaknya atau laris tidaknya sebuah bisnis tergantung pada strategi pemasaran yang dilakukan. Strategi mencakup banyak hal, seperti: konsep pengenalan bisnis, penanganan transaksi, dan pemerolehan kepuasan pelanggan.

Nah, pada saat pelaku bisnis melakukan aktivitas penyebaran informasi produknya di media sosial Instagram, maka kegiatan ini dikategorikan sebagai langkah pengenalan bisnis. Dengan kata lain, Instagram marketing adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk mengenalkan dan memasarkan produk pada target pasar melalui Instagram.

Apakah strategi pemasaran seperti ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada bisnis Anda? Jawaban untuk pertanyaan ini tergantung pada cara Anda memanfaatkannya. Ini akan berhubungan dengan cara kerja Instagram marketing itu sendiri.

Bagaimana Cara Kerja Instagram Marketing?

instagram marketing
alona.co.id

Sebagai pemula, silakan ikuti cara-cara berikut ini agar Instagram marketing Anda bekerja dan berjalan lancar, serta memenuhi target bisnis yang diharapkan.

1. Persiapan

Untuk memulai strategi pemasaran melalui Instagram, hal pokok yang harus ada adalah sebuah akun. Namun, sebelum membuat akun, tentukan dahulu tujuan pemasaran, target sasaran, dan tujuan akhir dari proses marketing tersebut.

Kabar baiknya, sejak tahun 2016 yang lalu, Instagram sudah memiliki pilihan Instagram for Business sehingga mempermudah Anda dalam mengelola akun khusus bisnis secara gratis. Wajib diingat, pergunakanlah satu akun untuk satu fungsi (misalnya: akun A untuk jualan, akun B untuk promosi, dan akun C untuk testimoni).

Persiapan selanjutnya adalah siapkan konten dan tools dan mulailah untuk menjaring traffic serta target sasaran (Instagram followers).

2. Penjaringan

Dalam strategi pemasaran Instagram, penjaringan traffic atau kunjungan viewer dapat dilakukan melalui berbagai cara. Artikel ini hanya akan membahas penjaringan traffic menggunakan faktor internal dari Instagram saja, yaitu:

  • Konten
instagram marketing
ayosemarang.com

Nyawa dari Instagram marketing adalah konten karena di dalamnya mengandung makna identitas dan citra bisnis, bujukan atau ajakan untuk target pasar, dan penyampai cerita dan informasi bisnis. Oleh karenanya, sebisa mungkin buatlah konten baik untuk IG feed, story, atau TV semenarik mungkin.

  • Caption

Sertakan caption yang jelas pada video atau gambar, sampaikan pada viewer deskripsi mengenai hal yang Anda upload. Jangan lupa untuk melengkapi setiap caption Anda dengan call to action yang spesifik. Contohnya, hubungi penjual ‘klik link pada bio’.

  • Tagar (Hashtag)
instagram marketing
thenextmarketers.com

Hampir sama dengan fungsi hashtag pada media sosial lainnya. Tanda pagar di Instagram ini berfungsi untuk menjaring target pengunjung pada akun secara lebih luas. Anda bahkan bisa menciptakan komunitas untuk bisnis Anda melalui hashtag.

Oleh karenanya, hashtag merupakan salah satu bagian penting dalam pemasaran di Instagram. Penggunaan tagar ini perlu mengikuti aturan, seperti relevansi dengan keyword, tidak terlalu banyak, berhubungan dengan fokus bisnis, serta kombinasi antara hashtag populer dan buatan sendiri.

  • Komentar dan Like

Cara lain untuk menarik perhatian mata pengunjung setelah tiga hal di atas adalah dengan mengoptimalkan kolom komentar dan fitur like dari Instagram. Anda dapat mengadakan kontes terbuka bagi IG followers dalam bentuk like contest ataupun comment contest.

Cara kerjanya sangat sederhana, hanya dengan meminta pengikut Anda menekan tombol like dan memberikan komentar pada foto di feed Anda sebanyak-banyaknya. Bila perlu, minta juga mereka untuk menandai teman-teman mereka dalam kolom komentar. Dengan kegiatan ini, sangat besar kemungkinan feed Anda akan muncul di discovery page dan langsung dilihat banyak mata.

3. Pemanfaatan

Semakin banyaknya pengikut dan viewer pada akun bisnis Anda, tandanya populasi target pasar Anda semakin luas. Manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya dengan selalu melakukan promosi secara kontinu.

Permasalahan yang Umumnya Dihadapi dalam Instagram Marketing

instagram marketing
entrapreneur.com

Pelaku bisnis yang memanfaatkan Instagram marketing biasanya terkendala dengan proses pengelolaan banyak akun, khususnya dalam hal mem-posting konten. Mereka mengaku kerepotan apabila harus mengatur semuanya secara manual.

Nah, jika Anda menghadapi permasalahan yang sama, Anda membutuhkan aplikasi GSHOOT di ponsel berbasis Android Anda. Dengan pengaturan yang ada, Anda bisa mem-posting konten ke banyak akun dengan mudah tanpa harus login ke setiap akun.

Ingin info lebih lanjut mengenai GSHOOT? Silakan cek di https://g-shoot.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *