Seberapa Pentingkah Hasil Foto Produk Anda di Mata Konsumen?

Seberapa Pentingkah Hasil Foto Produk Anda di Mata Konsumen?

Dalam dunia online shop, kesan pertama adalah hal yang sangat amat penting bagi konsumen yang ingin membeli produk kita. Mulai dari deskripsi produk yang lengkap dan sesuai dengan apa adanya, nama produk yang menarik perhatian, dan tentunya gambar produk yang ingin ditawarkan.

Tidak perlu memiliki gambar dengan resolusi terbaik, atau gambar dengan latar belakang yang indah di belakangnya, atau bahkan sampai Anda menggunakan jasa fotografer profesional.

Selain gambar yang bagus, hal yang paling penting dalam berjualan online tentunya adalah kepercayaan dengan pelanggan dan kejujuran dari sang penjual. Tidak perlu memiliki foto yang terlalu dilebih-lebihkan, tidak perlu menggunakan aplikasi edit foto terbaik dan menyulap produk menjadi lebih sempurna lagi. Foto yang jujur dan apa adanya saja sudah lebih dari cukup untuk menarik perhatian pembeli.

Tetapi itu bukan berarti kita harus membuat foto secara asal, ya. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda cermati untuk membuat foto produk menjadi lebih baik.

1. Bersihkan terlebih dahulu produk Anda

foto produk
pixelz.com

Membersihkan produk sebelum difoto adalah hal dasar masih sekali dilewatkan oleh penjual. Padahal, ini adalah hal yang paling penting dalam memajang foto produk Anda. Bersihkan semua debu yang menempel, hilangkan noda membandel yang mungkin masih tersisa di produk Anda. Karena siapa sih yang mau beli produk yang kotor?

2. Gunakan pencahayaan yang cukup.

foto produk
adorama.com

Cukup adalah kata kunci yang kita gunakan disini. Jangan pernah berlebihan dan jangan pernah kekurangan. Apalagi jika produk yang ingin dijual terbuat dari kaca atau bahan yang akan memantulkan cahaya kembali. Untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus dan jelas tentunya kita membutuhkan cahaya yang mencukupi.

Banyak fotografer profesional menyarankan untuk mengambil foto produk di luar ruangan mengingat cahaya alami dari sang mentari selalu terlihat bagus di kamera. Namun, jika Anda mengambilnya di dalam ruangan, jika memungkinkan gunakanlah minimal dua buah sumber cahaya agar hasil foto produk Anda terlihat jelas.

3. Gunakan background yang sederhana.

foto produk
baboodigital.com

Tidak perlu gambar awan yang cantik atau gambar pegunungan yang indah. Ingat, yang ingin dijual adalah produk Anda, bukan gambar di belakangnya.

Sangat amat tidak disarankan juga untuk menggunakan background yang bercorak warna warni dan kaya akan warna. Latar putih polos atau hitam gelap saja sudah lebih dari cukup.

4. Pastikan produk yang ingin Anda jual masuk ke dalam frame.

foto produk
woocommerce.com

Banyak sekali kita temui penjual yang menampilkan foto produk yang terlalu jauh atau terlalu dekat, sehingga kita tidak bisa melihat dengan jelas keadaan dan bentuk produk tersebut.

Hindari hal tersebut jika ingin produk Anda cepat laku. Gambar yang dekat memang lebih baik, tetapi pastikan juga agar tidak terlalu dekat sehingga konsumen bisa melihat hasil produk Anda lebih jelas lagi.

5. Foto dari beberapa sudut.

foto produk
montereypremiere.com

Jika produk yang Anda jual memiliki berbagai model atau bentuk yang berbeda-beda, Ambillah foto dari sisi depan, belakang, kiri, kanan, atas dan bawah agar konsumen bisa melihat lebih jelas produk yang akan mereka beli. Semakin jelas kondisi yang bisa dilihat oleh konsumen, maka akan membuat mereka semakin yakin untuk membeli produk Anda.

6. Jangan ragu untuk menunjukan kejelekkan atau kecatatan produk anda.

foto produk
f8creates.com

Ini hanya berlaku bagi Anda yang ingin menjual produk bekas. Percaya atau tidak, kejujuran dari Anda bernilai lebih bagi banyak pembeli. Jangan pernah ragu untuk menunjukkan gelas yang sedikit retak, buku yang agak kusam atau produk-produk lainnya saat menjual produk second.

Justru tak jarang, konsumen malah lebih percaya dengan Anda yang menampilkan produk yang apa adanya tanpa menutup-nutupi keasliannya. Sekali lagi, yang paling penting dalam berdagang adalah kejujuran dari penjual dan kepercayaan dari pembeli. Cukup tampilkan foto produk Anda sesuai dengan apa adanya, tak perlu edit yang berlebihan.

Jadi, apakah hasil foto produk Anda itu penting di mata konsumen? Jawabannya adalah ya, sangat amat penting. Namun, hasil foto produk yang bagus saja tidak cukup untuk membuat online shop Anda ramai pengunjung. Anda harus melakukan berbagai upaya optimasi. Sekarang sudah tersedia banyak tools yang bisa membantu Anda menaikkan traffic online shop. Salah yang sudah dijamin terbukti adalah Gramshoot yang bisa membantu melejitkan followers dengan real followers dan profit Anda dengan cepat tanpa harus ribet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *